Selasa, 22 Mei 2012

Konsep Fisika dalam kehidupan sehari-hari

assalammualaikum,.
pada postingan saya kali ini saya akan membahas tentang konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari. contohnya saja kenapa paku yang runcing lebih mudah masuk ketimbang paku yang tumpul ? atau kenapa ada butiran embun di dinding gelas yang berisi es ?  , hemm ada yang tau ndak ??
oke saya akan jelaskan ..


paku merupakan salah satu dari konsep fisika paku memiliki konsep mekanika, contoh pentanyaan ilmiah yang dapat di berikan .
kenapa paku yang runcing lebih mudah masuk ketimbang paku yang tumpul ?
  • karena paku runcing memungkinkan dihasilkannya tekanan yang besar saat dipukul. Paku runcing memiliki luas penampang yang jauh lebih kecil daripada luas penampang logam tumpul. Dengan pemberian gaya pukul yang sama, paku runcing dapat menghasilkan tekanan yang lebih besar daripada tekanan yang dihasilkan logam tumpul. 
 prinsip untuk menaikkan sebah kotak besar kedalam truk dengan menggunakan bidang miring juga merupakan konsep mekanika, contoh pertanyaan ilmiah yang dapat diberikan.
Mengapa lebih mudah menaikkan benda berat dengan menggunakan bidang miring daripada langsung diangkat vertikal ke atas?
  • Bidang miring menyebabkan gaya minimum yang dibutuhkan untuk mengangkat benda menjadi lebih kecil. Ini karena gaya minimum yang diperlukan setara dengan perkalian gaya berat benda dengan nilai cosinus sudut kemiringan bidang. Jadi sekalipun usaha total yang dibutuhkan dengan kedua cara itu sama, tapi gaya yang diperlukan untuk mengangkat benda lebih kecil jika dibantu dengan adanya bidang miring.  
 terdapat butiran embun di sekitar gelas juga merupakan konsep fisika, yaitu Kalor dan gas. kenapa terjadi seperti itu ?
  • Udara di sekitar gelas lebih panas daripada suhu di dalam gelas. Udara kemudian memberi kalor ke gelas es sehingga suhu udara turun dan terjadi perubahan fasa gas menjadi cair. Perubahan fasa dari gas menjadi cair disebut proses pengembunan.
begitulah sedikit konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari, :)
terimakasih telag berkunjung ke Kerabat Dekat Fisika.
wassalammualikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar